Paling menyebalkan kalo lagi dalam perjalanan tiba-tiba indikator temperatur menunjukan overheat, bikin panik apalagi kalo pas dibuka banyak uap sudah kepikiran mobil kebakaran, ini terjadi persis pada saat saya dan keluarga kecil saya mau berlibur ke BONBIN Jogjakarta, baru dalam perjalanan 15 km radiator sudah overheat dan ada asap putih (uap). akhirnya saya berjalan pelan sambil mencari bengkel radiator.
disana banyak yang aku pelajari mengenai radiator espass, beriktu langkah-langkah apabila akan menempuh perjalanan jauh.
Cek kebocoran.
coba anda lihat di bawah mobil anda,apakah ada tetesan air atau tidak. seandainya ada cek kebocoran bersumber dari mana. radiator,water pump,selang-selangnya.kalau netes dari radiator,bawa ke bengkel radiator terdekat. kalau water pump yang netes bawa kebengkel mesin terdekat.kalau yang netes dari sambungan selang,coba kencangkan klemnya. kalau selang bocor karena pecah segera ganti dengan yang baru.
Cek sirkulasi air.
coba cek sirkulasi air radiator anda.caranya buka tutup radiator lalu hidupkan mesin,biarkan saja stasioner/jangan di gas.lihat air bergerak atau tidak.bila bergerak berarti bagus. bila diam berarti ada masalah pada radiator atau selang by pass nya.
Radiator mampet.
bila air tidak bergerak mungkin radiator mampet. satu-satunya jalan bawa kebengkel radiator terdekat.
Selang by pass mampet.
air tidak bergerak bisa juga di sebabkan by pass mampet. cara mengatasinya. coba lepaskan selang kecil yang ada di bawah jok kanan mobil anda,lalu tiup dengan sekuat-kuatnya. apakah lancar atau tersendat. bila lancar bagus,bila tersendat berarti ada masalah pada T selang. apa itu T selang??? T selang adalah selang kecil yang berbentuk huruf T dan tersambung ke radiator dan water pump. selang tersebut fungsinya untuk mem by pass air radiator dan water pump agar water pump tidak menyedot udara yang terjebak di ruang pendingin mesin. kalau ada sedikit saja udara terjebak di ruang pendingin itu akan menyebabkan water pump tidak bekerja secara maksimal. dan membuat mesin cepat panas.
Begitu sarandari bengkel radiator, semoga bermanfaat.
disana banyak yang aku pelajari mengenai radiator espass, beriktu langkah-langkah apabila akan menempuh perjalanan jauh.
Cek kebocoran.
coba anda lihat di bawah mobil anda,apakah ada tetesan air atau tidak. seandainya ada cek kebocoran bersumber dari mana. radiator,water pump,selang-selangnya.kalau netes dari radiator,bawa ke bengkel radiator terdekat. kalau water pump yang netes bawa kebengkel mesin terdekat.kalau yang netes dari sambungan selang,coba kencangkan klemnya. kalau selang bocor karena pecah segera ganti dengan yang baru.
Cek sirkulasi air.
coba cek sirkulasi air radiator anda.caranya buka tutup radiator lalu hidupkan mesin,biarkan saja stasioner/jangan di gas.lihat air bergerak atau tidak.bila bergerak berarti bagus. bila diam berarti ada masalah pada radiator atau selang by pass nya.
Radiator mampet.
bila air tidak bergerak mungkin radiator mampet. satu-satunya jalan bawa kebengkel radiator terdekat.
Selang by pass mampet.
air tidak bergerak bisa juga di sebabkan by pass mampet. cara mengatasinya. coba lepaskan selang kecil yang ada di bawah jok kanan mobil anda,lalu tiup dengan sekuat-kuatnya. apakah lancar atau tersendat. bila lancar bagus,bila tersendat berarti ada masalah pada T selang. apa itu T selang??? T selang adalah selang kecil yang berbentuk huruf T dan tersambung ke radiator dan water pump. selang tersebut fungsinya untuk mem by pass air radiator dan water pump agar water pump tidak menyedot udara yang terjebak di ruang pendingin mesin. kalau ada sedikit saja udara terjebak di ruang pendingin itu akan menyebabkan water pump tidak bekerja secara maksimal. dan membuat mesin cepat panas.
Begitu sarandari bengkel radiator, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar